Home / Bolaang Mongondow Raya / Pergantian Pimpinan DPRD Menunggu SK Gubernur
Sekretaris DPRD Bolmut Haris Bangko SH

Pergantian Pimpinan DPRD Menunggu SK Gubernur

BOLMUT – Pergantian Dua Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), yang ditinggalkan Karel Bangko dan Arman Lumoto, saat ini sedang diproses.

Menurut Sekretaris DPRD Bolmut Abdul Haris Bangko, secara administrasi sudah berjalan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2010 yang menjelaskan pergantian pimpinan DPRD, pemberhentian pimpinan DPRD dilaksanakan dalam rapat paripurna.

“Rapat paripurna pemberhentian sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dan untuk proses administrasinya sudah diajukan. Sesuai aturan Tujuh hari di meja Bupati dan 14 hari Gubernur,” jelas Haris.

Dikatakannya, setelah dikoordinasikan dengan bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Bolmut, saat ini prosesnya sudah di tangan Gubernur.

“Waktu sudah cukup tersedia dan sudah cukup memenuhi ketentuan untuk segera di proses. Sampai saat ini, kami belum menerima SK terkait pemberhentian pimpinan DPRD yang ditetapkan oleh KPUD Bolmut, dan SK Gubernur tentang pengangkatan Saiful Ambarak sebagai penganti Ketua DPRD Bolmut yang lama dari partai golkar,” terangnya.

Sementara untuk kursi pimpinan dari pimpinan DPRD dari PAN, belum ada nama yang diajukan, sehingga belum di paripurnakan pengusulan pergantian.

“Jika sudah ada SK Gubernur terkait pergantian pimpinan DPRD, maka DPRD akan segera melaksanakan paripurna istimewa terkait pelantikan Ketua DPRD yang baru,” jelas Haris.

Terpisah, Kepala Bagian Tapem Bolmut Samidin Korompot, saat dimintai tanggapannya mengatakan, pergantian pimpinan DPRD saat ini sedang berproses di provinsi.

“Pemda Bolmut tinggal menunggu SK Gubernur. Sesuai informasi, berkasnya sudah berada di Biro Pemerintahan dan akan segera di proses sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Samidin.

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*