Home / Kesehatan / Tenaga Medis Dilarang Minta Bayaran
Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Rachmat Eka Perkasa

Tenaga Medis Dilarang Minta Bayaran

Program jaminan sosial yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-Kesehatan) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mulai mendapat tanggapan positif dari masyarakat.

Pasalnya, dari total 90 ribu jiwa warga Bolmut, sudah ada 48.697 yang menjadi peserta BPJS Kesehatan ini.

“Jaminan kesehatan ini terbagi atas tiga tingkatan, kelas 1 dikenakan iuran perbulan sebesar Rp 82.000, kelas 2 Rp 51.000 dan kelas 3 Rp 25.000. Adapun pelayanan kesehatannya tetap sama, bedanya hanya ada pada akomodasi tiap kelas”, terang Kepala BPJS Kesehatan Bolmut, Rachmat Eka Perkasa kepada reporter media ini beberapa waktu lalu.

Menurut dia, saat ini semua Puskesmas beserta 1 RSUD yang ada di Bolmut sudah menjalin kerja sama dengan pihak BPJS-Kesehatan.

“Para pasien yang mengantongi kartu ini bisa mendapatkan pelayanan prima dari klinik kesehatan, puskesmas maupun rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Semuanya gratis, pasien tinggal menunjukkan kartu BPJS miliknya, maka petugas medis akan melayani sesuai prosesur medis yang berlaku, oleh karena itu tidak dibenarkan ada pasien BPJS yang dimintai bayaran jasa ataupun obat-obatan oleh pihak medis. Kalau ada hal seperti ini, silahkan laporkan kepada kami melalu call center 1500-400 atau langsung ke Dinas Kesehatan terkait. Dan untuk memastikan agar hal itu tidak terjadi, kami pun secara rutin mengunjungi puskesmas dan rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS”, ujar pria asal manado itu.

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*