Home / Bolaang Mongondow Raya / Bawaslu Bolmut Kembali Gelar Media Gathering
Evaluasi dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Media Massa di Kab. Bolmong Utara
Evaluasi dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Media Massa di Kab. Bolmong Utara

Bawaslu Bolmut Kembali Gelar Media Gathering

BOLMUT_NEWSINTIRASI  – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmong Utara) kemarin, Rabu (17/7) di Warkop Basudara Boroko, menggelar Media Gathering bertajuk Evaluasi dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu partisipatif Bagi media Massa.

Kegiatan tersebut mengacu pada Perbawaslu Nomor 21 tentang Pengawasan pemilihan Umum DPRD, DPD, DPR-RI dan PILPRES.

Ketua Bawaslu Moh. Irianto Pontoh, S.Pd, yang sekaligus Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, saat membuka kegiatan, menjelaskan pihaknya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada insan pers Bolmong Utara yang sudah berkontribusi dalam pengawasan Pemilu di daerah ini.

“Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada sengketa Pemilu baik Pilpres maupun Pileg di Bolmong Utara, yang sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK)”, tuturnya.

Menurut dia, selama pelaksanaan tahapan Pemilu, terdapat pelanggaran baik pidana maupun Administratif, akan tetapi dapat diselesaikan sesuai prosedur. “semua itu kami lakukan dan terproses sesuai prosedur yang diatur, dan setiap pengambilan keputusan dilakukan melalui Pleno sebagai mekanisme resmi kelembagaan”, jelasnya.

Di tempat yang sama, Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Bolmong Utara Ben Henser Enok, SE, menegaskan jika pihaknya tidak mengejar kuantitas pelanggaran ditemukan maupun yang ditindaki, tapi berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang pelanggaran Pemilu sehingga dapat dicegah sejak dini.

Ditambahkannya, peran pers dalam penyajian informasi yang akurat dapat menjadi acuan awal untuk mengetahui indikasi pelanggaran Pemilu. “Bagi kami, pemberitaan Pers adalah acuan untuk mengetahui berbagai macam temuan ataupun pelanggaran Pemilu, sehingga kami bisa langsung melakukan Investigasi ke lapangan” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut terbangun diskusi yang sangat interaktif antara media dengan Bawaslu terkait pencegahan pelanggaran serta penyajian informasi yang baik dan bijak. (Theo_09)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*