Home / Bolaang Mongondow Raya / Bolmut / Libur Sekolah, Perpustakaan Mobile Sasar Objek Wisata
Puluhan anak-anak memanfaatkan layanan perpustakaann mobile di Pantai Wisata Desa Tanjung Buaya
Puluhan anak-anak memanfaatkan layanan perpustakaann mobile di Pantai Wisata Desa Tanjung Buaya

Libur Sekolah, Perpustakaan Mobile Sasar Objek Wisata

BOLMONG UTARA_NEWSINTISARI – Dalam rangka merangsang minat baca dan membumikan budaya literasi bagi masyarakat Bolaang Mongondow Utara, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (PKD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terus berinovasi sehingga masyarakat khususnya anak-anak usia sekolah tetap bersemangat untuk membaca. Kamis 11/7/19, tim mobile Dinas PKD Bolaang Mongondow Utara yang dikomandani oleh Kepala Seksi Deposit, Sirkulasi dan Referensi, Raden Mokoginta, kembali menggelar metode layanan perpustakaan keliling.
Kali ini pantai wisata Desa Tanjung Buaya menjadi pilihan tim untuk menggelar pelayanan perpustakaan keliling. Pantauan media ini, puluhan anak-anak usia sekolah mengerumuni mobil perpustakaan keliling sambil memilih literatur yang diminati.

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Dra. Leida Pontoh, melalui Kepala Seksi Deposit, Sirkulasi dan Referensi Raden Mokoginta, megatakan program perpustakaan berjalan adalah salah satu program utama didalam mencerdaskan anak bangsa di Kabupaten Bolmut. “ini sangat membantu merangsang minat baca masyarakat, terutama anak-anak”, ujar Raden.
Menurut Raden, pemilihan objek wisata sebagai sasaran tempat pelayanan perpustakaan mobile, karena membaca buku di tempat menyenangkan, secara psikologis akan memberi dampak positif dalam menyerap materi bacaan.

Ia menjelaskan, perpustakaan mobile ini sudah lama digelar. “Sebelumnya kami kosentrasi di sekolah-sekolah dari Sangkub hingga Pinogaluman, karena saat ini sedang liburan sekolah, maka kami gelar di tempat-tempat wisata. Salah satunya di pantai Tanjun Buaya ini”, jelasnya.

Ditambahkannya, buku-buku yang tersedia di mobile perpustakaan tersebut mencakup ratusan judul buku yang juga bisa dikonsumsi oleh remaja maupun dewasa. “Kami berharap bukan hanya anak-anak usia sekolah yang tertarik membaca, remaja, dewasa hingga lanjut usia pun akan mendapatkan pelayanan yang sama sepanjang mempunyai kemauan membaca buku”, pungkas pria berkaca mata ini.

Claudia, salah satu pengunjung terlihat sangat senang dengan layanan perpustakaan ini. Anak yang duduk di bangku kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri Iyok ini mengaku sempat membaca sejumlah buku, salah satunya buku berjudul Tokoh-Tokoh Dalam Al-qur’an. (Theo_09)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*