Home / Bolaang Mongondow Raya / Bolmut / Pemkab Bolmut Lakukan Penyederhanaan Jabatan Birokrasi
Dr. Drs. H. Asripan Nani, M.Si

Pemkab Bolmut Lakukan Penyederhanaan Jabatan Birokrasi

NewsIntisari – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sedang melakukan penyederhanaan jabatan birokrasi menyusul kebijakan pemerintah pusat melalui Kementeria PAN-RB RI, terkait penyedehanaan jabatan birokrasi bagi pemerintah Provinsi maupun pemerintah Kabupaten/Kota beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut, Dr. Drs. H. Asripan Nani, M.Si, pada saat menjadi pembina apel kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut yang digelar di halaman Kantor Bupati Bolmut, Senin (26/04/2021).

“Penyederhanaan jabatan birokrasi saat ini sedang dilakukan, ketentuan reformasi birokrasi itu salah satunya penyederhanaan jabatan, jabatan Dua tingkat dipertahankan,” ungkap Nani.

Dikatakannya, Penyederhanaan jabatan tersebut sudah dikaji, bahkan sudah diusulkan, di dalamnya terdapat sejumlah jabatan yang masih dipertahankan termasuk jabatan di tingkat kecamatan.

“Ada beberapa persyaratan yang masih bisa dipertahankan, misalnya jabatan di bawah sekretaris ada Kasubag Proglap, ada Kasubag Kepegawaian, di tingkat kecamatan dipertahankan, di Barjas masih bisa dipertahankan,” jelas Nani

Dilanjutkannya, selain jabatan-jabatan tersebut diusulkan untuk perubahan dari jabatan struktural menjadi jabatan fungsional tanpa merubah pendapatan.
Pada jabatan yang diduduki oleh pejabat eselon Empat tersebut, ada pilihannya kurang lebih 194 jabatan fungsional. Misalkan pada jabatan eselon Empat, dipilih jabatan yang cocok dengan tupoksi dengan jabatan eselon Empat untuk menghindari tumpang tindih dengan jabatan eselon Tiga yang kemudian menjadi eselon Empat.

“Kalau jabatan eselon Empat itu setara dengan fungsional muda, kalau eselon Tiga funsional Madya, kita tunggu perkembangannya, karena ini kebijakan pusat,” tandas Nani.

(f-09)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*