Home / Bolaang Mongondow Raya / Bolmut / Sekda Minta Kepala OPD Menarik Zakat Profesi Kepada Jajarannya

Sekda Minta Kepala OPD Menarik Zakat Profesi Kepada Jajarannya

NewsIntisari – Seretaris Daerah (Sekda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Dr. Drs. Asripan Nani, M.Si, mengintruksikan setiap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Bolmut, untuk dapat menarik zakat pada jajarannya masing-masing, selanjutnya disetor pada rekening Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bolmut.

Menurutnya, di Bolmut, potensi penyumbang zakat profesi terbesar terdapat pada Pegawai Negeri Sipil yang beragama Islam.

Hal itu disampaikannya pada sosialisasi zakat, infaq dan sedekah yang dilaksanakan oleh Baznas Kabupaten Bolmut di ruang kerja Sekda, jumat (23/04/2021).

Dalam arahannya, Nani menyapaikan pula, zakat merupakan suatu ibadah wajib dilaksanakan setiap umat Islam, mengingat zakat adalah salah satu komponen dalam rukun Islam.

Sosalisasi zakat oleh Baznas Kabupaten Bolmut di Ruang Rapat Sekda Bolmut, Jum’at (23/04/2021)

Zakat memiliki arti sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya, sebagian harta yang dikeluarkan tersebut berguna untuk mensucikan harta lainnya sebagimana di perintahkan oleh Allah SWT.

“Pada dasarnya zakat merupakan ibadah yang tidak hanya memberikan manfaat pada diri sendiri namun juga memberikan manfaat untuk orang lain khususnya Delapan golongan yang berhak menerima zakat,” Tutup Nani.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Bolmut, Kurniawan A. Suma, S.Pd melaporkan sejumlah kegiatan pada periode 2017-2022, meliputi bedah rumah, bantuan ahir studi, bantuan bencana alam, sunatan masal, bantuan untuk nelayan berupa ketinting, bantuan bagi kaum duafa serta bantuan kemanusiaan lainnya, keseluruhan penganggarannya bersumber dari Zakat yang masuk di rekening Baznas.

Pada kesempatan itu, Kurniawan berharap Pembkab dapat bersama-sama mensosilisasikan zakat profesi kepada jajaran aparatur di Lingkungan pemerintah Kabupaten Bolmut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Staf Ahli Bupati, Para Assisten Sekda, sejumlah pimpinan OPD dan tentunya segenap pengurus Baznas Kabupaten Bolmut.

(f-09)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*