Home / Advertorial / Wakili Bolmut, Tanjung Buaya Terima Apresiasi Desa Budaya Tingkat Provinsi

Wakili Bolmut, Tanjung Buaya Terima Apresiasi Desa Budaya Tingkat Provinsi

NewsIntisari – Desa Tanjung Buaya Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), satu-satunya desa di Bolmut yang mendapat apresiasi sebagai Desa Budaya tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut.

Penganugerahan yang dilaksanakan di Hotel Gren Puri Manado melalui program Simak Budaya Torang itu, diikuti oleh 15 Kabupaten/Kota se Sulut dengan menempatkan Desa Tanjung Buaya sebagai salah satu dari Tujuh desa yang ditetapkan oleh panitia.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolmut, Sulha Mokodompis, S.Pd, MM, melalui Sekretaris Dinas Dikbud, Dra. Hj. Tetriko Talibo, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa dan Sanggar Seni dan Budaya Banggele yang mendapatkan apresiasi dari Pemprov melalui Dikbud Provinsi tersebut, menurutnya tidak mudah masuk nominasi di tingkat Provinsi.

“Pantas diberikan apresiasi atas prestasi yang diraih, tidak gampang untuk masuk Tujuh besar di tingkat Provinsi seperti ini,” ujar Talibo.


Meskipun demikian, Talibo menekankan bahwa kebudayaan antar daerah tidak bisa diperlombakan, mengingat daerah satu dengan yang lainnya tentu berbeda.

“Kan setiap daerah itu, budayanya berbeda maka tidak bisa dilombakan,” sambung Talibo.

Sementara, Sangadi Tanjung Buaya, Fikriyanto Pamili, S.PdI yang hadir langsung mewakili masyarakat Desa menyatakan kebahagiannya atas apa disematkan kepada desa yang dipimpinnya itu.

“Saya sangat senang, saya tidak menyangka kalau Desa Tanjung Buaya bisa masuk nominasi,” singkat Pamili.

Menurut Kepala Seksi (Kasie) Pembinaan Museum, Cagar Budaya dan Keragaman Budaya, Fatmawaty Ngadi, M.Pd, keikutsertaan Desa Tanjung Buaya pada kegiatan tersebut, tidak lepas dari peran aktif Dinas Dikdas Bolmut yang secara intensif membangun komunikasi dengan sanggar Banggele Desa Tanjung Buaya.

“Ini terwujud karena komunikasi yang intens antara Dinas dengan Sanggar Banggele,” ungkap Ngadi.

Terkonfirmasi, Dra. Hj. Tetriko Talibo, bersama Fatmawaty Ngadi, M.Pd, sebagai unsur Dinas Dikdas Bolmut, turut mendampingi Sanggar Banggele Desa Tanjung Buaya pada momentum penganugerahan tersebut.

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan Sulut menggelar sejumlah perlombaan yang berkaitan dengan kebudayaan secara virtual melalui permintaan video kegiatan kebudayan di desa seluruh Kabupaten/Kota se Sulut.

Permintaan dokumentasi itu kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Dikdas Bolmut dengan meminta desa-desa untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

(adv)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*