Home / Bolaang Mongondow Raya / Bolmut / Daya Dukung Air Di Bolmut, Lebih Tinggi Dari Nasional
Dr. Fitriane Lihawa, M.Si, saat memeparkan sejumlah analisisnya pada FGD II terkait penyusunan KLHS perubahan RPJMD Kabupaten Bolmut.

Daya Dukung Air Di Bolmut, Lebih Tinggi Dari Nasional

NewsIntisariDaya dukung air di Kabupaten Bolaang Mongondow utara (Bolmut) ternyata lebih tinggi dibanding dengan daya dukung air secara Nasional.

Data tersebut terungkap pada Forum Group Discussion (FGD) II penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018-2023, Selasa (15/06/2021).

Menurur ketua tim ahli dari Umiversitas Negeri Gorontalo (UNG) Dr. Fitriane Lihawa, M.Si, daya dukung air di Bolmut lebih tingga dibandingkan dengan daya dukung air Nasional.

“Pada tahun 2020 berdasarkan data BPS, daya dukung air di Bolmut mencapai 99 persen masyarakat sudah memiliki air bersih layak, Indonesia sendiri kita lihat secara nasional pada 2030 baru mencapai 81 persen,” beber Lihawa.

Bahkan menurut Lihawa, kualitas air di Bolmut masih memenuhi baku mutu air dibandingkan dengan Gorontalo yang sungainya sudah tercemar ringan, bahkan jika terjadi hujan, air PDAM cenderung berubah warna.

“Alhamdulillah dari data sumber air Bolmong Utara masih memenuhi baku mutu, masih baik. Kalau di Gorontalo hampir semua sungai sudah cemar ringan,” ujar Lihawa.

Meskipun demikian lanjut Lihawa, Pemerintah dan masyarakat Bolmut harus terus memelihara akses air yang ada, jika tidak terus dipertahankan, suatu saat Bolmut akan mengalami kesulitan air bersih.

(f-09)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*