Home / Bolaang Mongondow Raya / Bolmong / Pemkab Support Penelitian Tim Arkeologi
Situs kuburan yang terletak di Tanjung Haji yang menjadi salah satu objek penelitian tim arkeologi dari Balai Arkeologi Sulawesi Utara. (Foto. Romi)

Pemkab Support Penelitian Tim Arkeologi

NewsIntisari – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mendukung penuh terhadap penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Balai Arkeologi Sulawesi Utara (Sulut).

Hal itu disampaikan oleh Bupati Bolmut, Drs. H. Depri Pontoh, melalui Assisten III, Setda Kabupaten Bolmut, Uteng Datunsolang, saat menerima audensi tim peneliti dengan Pemkab di ruang rapat Bupati Bolmut, (10/06/2021)

Menurutnya, pemerintah memberikan support penuh terhadap hasil penelitian yang dilakukan oleh tim tersebut karena hal itu akan menjadi rekomendasi pengembangan kebudayaan daerah.

“Apa yang sudah dilakukan oleh tim ini, sangat bermanfaat, nantinya hasil penelitian akan dijadikan rekomendasi pengembangan kebudayaan daerah, karena itu pemerintah daerah sangat mensupport penelitian ini,” ujar Uteng.

Bahkan, lanjut Uteng, pihaknya akan memberikan perhatian husus, mengingat budaya merupakan asset kekayaan daerah.

Unruk itu, tambahnya Pemkab akan mengalokasikan anggaran dalam rangka pengembangan dan pemajuan kebudayaan daerah.

“Ini menjadi awal pengembangan dan pemajuan kebudayaan daerah karena budaya merupakan aset, untuk itu Pemkab tetap mengalokasikan anggaran dalam mendukung kegiatan-kegiatan pemajuan kebudayaan,” tutur Uteng

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolmut, Sulha Mokodompis, S.Pd, M.Pd, melalui Kepala Seksi (Kasie) Pembinaan Museum, Cagar Budaya dan Keragaman Budaya, Fatmawati Ngadi, M.Pd, membeberkan sejumlah tindak lanjut kegiatan.

Salah satunya penelusuran benda-benda cagar budaya di sejumlah wilayah seperti Ternate, Palu, Gorontalo bahkan ke Perpustakaan Nasional yang ditengarai memiliki keterkaitan masa lalu dengan Bolmut sebagai daerah eks swapraja.

“Penelitian ini akan ditindaklanjuti dengan penelusuruan di beberapa wilayah, misalnya Palu, Gorontalo, Ternate juga Perpustakaan Nasional, karena beberapa wilayah ini memiliki keterkaitan masa lalu dengan eks swapraja Kaidipang Besar dan Bintauna,” beber Ngadi.

Hadir pada audensi tersebut, Unsur Bapelitbang Bolmut, Unsur Dinas Perpustakaan dan Kearispan Daerah (DPKD) Bolmut, unsur Dinas Peehubungan Bolmut, Unsur Dinas Pariwisata Bolmut, juga unsur Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut.

(f-09)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*