Home / Bolaang Mongondow Raya / Bolmut / Test CASN Mandiri Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Warga
Meiti Pontoh, S.Ag

Test CASN Mandiri Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Warga

NewsIntisariPelaksanaan test seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun ini dinilai berpotensi meningkatkan pendapatan ekonomi warga, hususnya warga sekitar tempat pelaksanaan test tersebut.

Hal itu dikemukakan oleh Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Meiti Pontoh, S.Ag, kemarin.

Menurutnya, dari 500 lebih kuota CASN Bolmut jika diminiati oleh rata-rata Empat pelamar dalam satu kuota, dipastikan akan ada 2000 orang lebih yang mempunyai kebutuhan di seputaran ibu kota Bolmut.

“Kita hitung saja yang terrendah, misalnya satu botol air mineral per satu orang, itu sudah pontensi pendapatan ril bagi masyarakat yang berjualan di sekitar lokasi test seleksi,” urainya.

Perkiraan itu lanjut Meiti, belum termasuk tempat kost bagi pelamar dari luar daerah, tempat parkir jika dikelola oleh masyarakat sekitar, juga kebutuhan lainnya.

“Yang pasti selama pelaksanaan test seleksi, peserta akan banyak kebutuhan dan itu memberi dampak pada pendapatan masyarakat,” lanjut Meiti.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat terkait terkait ketertiban di sekitar lokasi meskipun ada pengamanan ketat dari kepolisian dan polisi pamong praja.

Terpisah, salah satu pengelola kantin di sekitar SMK Kaidipang, Tante Uda, mengaku sudah mendengar informasi pelaksanaan test seleksi tersebut, Ia pun merasa beryukur atas rencana itu, bahkan dirinya sudah menyiapkan sejumlah bahan yang bakal menjadi kebutuhan peserta test.

“Alhamdulillah, saya sudah dengar informasi itu, saya sudah belanja bahan-bahan yang nantinya peserta butuhkan,” ujar Tante Uda.

Senada, warga sekitar lainnya, Andeko juga mengaku sudah menyiapkan lokasi untuk tempat parkir.

“Saya sudah siapkan lokasi parkir kenderaan, saya dengar test seleksi CPNS akan dilaksanakan di SMK ini,” singkatnya.

Sebelumnya, panitia CASN bersama tim Badan Kepegawaian Negara (BKN) Sulawesi Utara sudah melakukan peninjauan lapangan di SMK Kaidipamg untuk memastikan kesiapan tempat pelaksanaan test seleksi tersebut.

Dari peninjauan lapang itu, menurut Meiti Pontoh, SMK Kaidipang disetujui sebagai tempat pelaksanaan test seleksi CASN tahun 2021 Kabupaten Bolmut.

“Penilaian tim BKN Sulut, SMK Kaidipang memenuhi syarat sebagai tempat pelaksanaan test seleksi dan mereka (BKN-red) sudah setuju Bolmut melaksanakannya secara mandiri,” tutup Meiti.

(f-09)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*