Home / Bolaang Mongondow Raya / Bolmut / Genjot Pariwisata, Kadis Rancang Daster IBU
SUNSET - Spot yang sangat strategis dalam menikmati sunset menjelang petang di salah satu pantai wisata di Bolmut. Pemandangan seperti ini hanya dapat disaksikan pada musim kemarau.

Genjot Pariwisata, Kadis Rancang Daster IBU

Bolmut – Upaya memaksimalkan sektor pariwisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) sebagai salah satu sektor andalan mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus berinovasi.

Inovasi itu pun tak hanya sebatas wacana, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Bolmut, Mohammad Noh Djarumia, SE, M.Si, mengaku dirinya tengah  merancang sebuah aplikasi berbasis website yang diberi nama Data Terintegrasi Pariwisata Bolaang Mongondow Utara, disingkat dengan Daster IBU.

“Aplikasi Daster IBU ini dibuat untuk menggenjot kunjungan wisata di Bolmut,” kata Djarumia, Rabu (18/08/2021)

Menurut Djarumia, aplikasi tersebut akan mempermudah para wisatawan untuk berkunjung dan meniimati destinasi wisata di Bolmut, karena aplikasi itu sudah terintegrasi dengan google sehingga semua kebutuhan wisatawan cukup dilansir menggunakan android, termasuk untuk menelusuri tujuan wisata dengan sangat mudah.

“Nantinya Daster IBU akan mempermudah para wisatawan untuk datang berkunjung dan menikmati seluruh destinasi wisata yang ada. Karena setelah diklik aplikasi langsung terintegrasi dengan google map sehingga wisatawan tidak perlu repot mencari lokasi wisata tujuan ketika berada disini,” beber Djarumia.

Dilanjutkannya, Daster IBU juga menyajikan seluruh produk asli daerah, fasilitaa hotel dan perbankan bahkan lokasi wisata kuliner pun tercover.

Dengan fasilitas yang begitu lengkap, sehingga pihaknya mengklim Daster IBU merupakan aplikasi yang memberikan jaminan kepada wisatawan untuk memanjakan diri selama menikmati pariwisata di Bolmut.

“Jadi memang Daster IBU ini akan sangat memanjakan wisatawan yang akan berkunjung, sehingga tidak perlu repot repot lagi mencari lokasi karena sudah berada dalam satu aplikasi,” lanjutnya.

Ditambahkannaya, aplikasi tersebut sangat bermanfaat bagi pelaku usaha di bidang pariwisata dalam membantu mempromosikan semu produk yang berpotensi diminati para wisatawan.

Gagasan pengembangan aplikasi tersebut berawal ketika Djarumia mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Nasional (Pim) Tingkat II tahun 2021 pada Lembaga Adminsitrasi Negara di Makasaar, dan aplikasi Daster IBU tersebut merupakan proyek perubahan yang menjadi tugasnya pada Diklat PIM II itu.

(f-09)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*