Home / Berdesa / Kaum Muda berlomba Pimpin Desa
Salah satu Balon Sangadi dari kalangan generasi muda saat memasukkan berkas pendaftaran kepada panitia Pilsang di salah satu desa yang menyelenggarakan Pilsang serentak tahun 2021.

Kaum Muda berlomba Pimpin Desa

Bolmut – Kontestasi perebutan kursi nomos Satu di 72 desa yang menggelar Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak tahun 2021 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menyedot adrenali kaum muda.

Pasalnya, dari 222 Bakal Calon (Balon) Sangadi justru didominasi oleh generasi musa, tak pelak kiprah kaum muda itu selalu menjadi topik wajib bahasan masyarakat luas.

Kepada sejumlah wartawan, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolmut, Fadly Tadjudin Usup, SE, MM, Mengungkapkan sedikitnya 222 Balon Sangadi yang sudah mendaftar sampai pada ahir masa pendaftaran Balon

Dari jumlah tersebut menurut mantan Camat Bolangitang Barat itu, dominasi generasi muda mencapai 55 persen dengan asumsi usia kurang dari 45 tahun.

“Berdasarkan data yang ada, dari 222 bakal calon tersebut 55% didominasi oleh kalangan muda. Yakni usia dibawah 45 Tahun. Selebihnya 45 Tahun keatas”, terang Usup.

Jumlah tersebut menurut Usup, sudah termasuk Dua Balon yang menyusul ditambahkan, hal itu bersasarkan rekapan paniti Pilsang yang sudah memasukkan daftar Balon ke Dinas PMD.

“Masih terdapat ketambahan 2 dari yang sebelumnya 220 Balon, kini sudah 222. Itu berdasarkan hasil rekapan dari Panitia Pilsang di Desa yang telah memasukkan daftar Balon”, ujar Usup.

Meskipun demikian lanjut Usup, dari 72 Desa tersebut, masih tersapat sejumlah Desa yang tengah memperpanjang masa penerimaan pendaftaran bakal calon, Hal itu dikarenakan pendaftar belum memenuhi kuoata.

“Masih ada 4 Desa yang tengah memperpanjang masa penerimaan pendaftaran bakal calon, yaitu Desa Komus I, Desa Jambusarang, Desa Pimpi dan Sangkub I. Masing-masing dari Desa tersebut dinyatakan belum memenuhi syarat diakibatkan baru 1 pendaftar, namun informasi dari Panitia setempat, bahwa masi ada Balon yang sementara melengkapi berkas pendaftaran”, beber Usup

Ia berharap agar Panitia Pilsang di Desa, senantiasa menjalankan tahapan Pilsang sesuai amanat perundang-undangan yang mengatur Pilkades atau Pilsang di Bolmut, sedangkan kepada para Balon untuk tetap mengedepankan persaudaraan, kekerabatan, persatuan dan kesatuan.

“Diharapkan kepada seluruh panitia Pilsang di Desa agar tetap mengikuti pedoman yang ada. Selanjutnya saya juga berharap bagi seluruh bakal calon, agar tetap memberikan edukasi yang baik kepada para pendukung agar persaudaraan tetap terjaga. Pilsang itu hal biasa, yang luar biasa adalah tetap menjaga persaudaraan”, tandas Usup.

(f-09)

 

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*