Home / Bolaang Mongondow Raya / Bolmut / Meski Terbatas, Bolmut Tetap Kibarkan Merah Putih Pada HUT RI Ke 76 Mandatang
Meskipun terbatas, Kabupaten Bolmut tetap melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 76 tahun 2021 pada tanggal 17 mendatang. Foto diambil pada HUT RI ke 73 tahun 2018.

Meski Terbatas, Bolmut Tetap Kibarkan Merah Putih Pada HUT RI Ke 76 Mandatang

NewsIntisari – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 76 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Boomut) kembali akan dilaksanakan secara terbatas.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Panitia HUT RI Ke 76, Drs. Musliman Datukramat kepada Newsintisari, Rabu (04/08/2021).

Menurutnya, upacara peringatah HUT RI yang akan dilaksanakan di halaman kantor Bupati itu mengacu pada Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) RI tentang pedoman pelaksanan upacara HUT RI ke 76 tahun 2021.

“Kita melaksanakan upacara pengibaran bendera dengan tidak mengurangi hikmahnya, sesuai edaran Mensesneg itu, dilaksanakan di lapangan kantor pemerintahan, jadi kalau untuk Bolmut dilaksanakan di halaman kantor Bupati,” beber Musliman.

Ia menuturkan, pengibaran bendera merah putih tetap dilaksanakan dengan komposisi pasukan lengkap yakni kelompok 17, Delapan dan 45.

Akan tetapi upacaranya dimulai pada pukul 07.00 wita sebelum detik-detik proklamasi di istana negara.

Sedangkan jumlah peserta upacara, dibatasi sesuai protokol kesehatan untuk menghindari kerumunan orang.

“Peserta upacara baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun TNI/Polri, dibatasi jumlahnya untuk menghindari kerumunan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tuturnya.

Dilanjutkannya, usai upacara pimpinan daerah beserta forkopimda akan bergabung dengan upacara peeingatan detik-detik proklamasi secara virtual.

“Setelah upacara, pimpinan daerah bersama forkopimda akan bergabung mengukuti peringatan detik-detik proklamasi di istana negara melalui aplikasi zoom,” terangnya.

Sedangkan resepsi kenegaraan kata Musliman, tidak lagi dilaksanakan mengingat tungkat penyebaran covid-19 di Bolmut sudah pada status zona merah.

“Resepsi kenegaraan tidak lagi dilaksanakan karena status kita zona merah, sehingga hal-hal semacam itu kita minimalisir untuk mencegah penularan covid-19,” tutur Musliman.

Ditambahkannya, pada 16/08 nanti akan dilaksanakan upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), sebagai salah satu ketentuan dalam melaksanakan tugas pengibaran bendera merah pitih.

Selain itu, tim Paskibra harus melakukan latihan penyesuaian lokasi agar pada saat pelaksanaan tidak terjadi kesalahan.

Untuk itu, pihaknya sudah mengagendakan rapat evaluasi pada Senin (09/08/2021) mendatang untuk memastikan kesiapan pelaksanaan HUT RI tersebut, baik secara teknis maupun konsep.

(f-09)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*