Home / Bolaang Mongondow Raya / Bolmut / Buka Sosialisasi Permendagri 27 Tahun 2021, Depri Tekankan Lima Hal Penting

Buka Sosialisasi Permendagri 27 Tahun 2021, Depri Tekankan Lima Hal Penting

Drs. H. Depri Pontoh

NewsIntisari – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. H. Depri Pontoh, membuka secara resmi sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Republik Indonesia (RI) Nomor 27 tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022, Rabu (08/09/2021).

Sosialisasi yang di gelar secara virtual di ruang rapat Bupati Bolmut itu dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi Syatem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD)

Drs. H. Amin Lasena, M.AP

Dalam sambutan, Depri mengatakan penyusunan APBD tahun 2022 diatur melalui Permendagri Nomor 27 tahun 2021.

“Sebagaiman Kita ketahui bersama Bahwa dalam Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022 diatur melalui Peratuaran Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggara 2022,” Ujar Depri.

Menurut Depri, Permendagri tersebut menekankan Lima hal pokok, Pertama, adalah kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintahan sesuai dengan kewenagan.

Dr. Drs. H. Asripan Nani, M.Si

Kedua, Tertib, taat pada ketentuan, efisiensi, efektif dan akuntabel, dengan memperhatikan keadilan dan kepatutan serta nilai manfaat bagi publik.

Ketiga, Ketepatan waktu dan tahapan, karena beresiko pada sanksi, Keempt, Transparan dengan memperhtikan aksesibilitas informasi bagi masyarakat tentang kontur dan postur APBD.

Kelima, Partisipatif, dan tidak kontradiktif dengan perundang undangan diatasnya.

Frenky Chendra

“Peraturan ini Merupakan Pedoman yang menentukan kita pada keyakinan tentang¬† Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan yang harus Dipastikan bisa Menopang pada Pencapaian dan Sinergi antara RKP, RKPD Provinsi¬† Dan RKPD Kabupaten/Kota yang Mendeskripsikan RPJM Nasional sebagai panduan setiap dokumen perencanaan pembagunan di masing-masing tingkatan pemeritahan,” beber Bupati Dua periode ini.

Depri mengingatkan, penyusunan APBD tahun 2022 nanti harus benar-benar dilakukan dengan cermat dan penuh kehati-hatian, dimana dalam penyusunan program pembagunan daerah juga harus memperhatikan keselarasan dan keterpaduan dengan program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Siradjudin Lasena, SE

Hadir pada sosialisasi itu, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi Amin Lasena M.AP, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra, Sekertaris Daerah Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, Para staf Ahli, Staf Khusus Bupati Bupati Bolmut, Serta Pimpinan OPD tarkait.

(f-09)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*